Wisata Pulau Sulawesi

10 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Makassar

135
×

10 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Makassar

Share this article

Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan sejarah panjang yang kaya serta kekayaan alam yang memukau. Dari pantai-pantai yang mempesona hingga bangunan bersejarah yang megah, Makassar menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang pasti akan memikat hati para pengunjung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam beberapa tempat wisata yang sedang hits di Makassar, lengkap dengan detail dan informasi yang memperkaya pengalaman wisata Anda.

  1. Pantai Losari: Keindahan di Pusat Kota

Pantai Losari adalah destinasi utama di Makassar yang tidak boleh Anda lewatkan. Terletak di pusat kota, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, khususnya saat matahari terbenam. Ribuan orang setiap harinya berkumpul di sini untuk menikmati suasana santai, berjalan-jalan di tepi pantai, atau sekadar duduk-duduk sambil menikmati kuliner khas Makassar yang lezat, seperti pisang epe dan coto Makassar. Di sepanjang pantai, Anda juga akan menemukan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman tradisional.

  1. Benteng Rotterdam: Jejak Sejarah Belanda

Benteng Rotterdam adalah salah satu peninggalan bersejarah yang masih tegak di Makassar. Bangunan megah ini dulunya merupakan benteng pertahanan Belanda yang dibangun pada abad ke-17. Kini, benteng tersebut telah diubah menjadi museum yang menampilkan berbagai artefak dan peninggalan sejarah Makassar. Dengan masuk ke dalam museum, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kota ini, termasuk periode kolonial Belanda dan pengaruhnya terhadap perkembangan Makassar sebagai kota perdagangan utama di wilayah Indonesia timur.

  1. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung: Surga Alam di Pinggiran Kota

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) adalah surganya pecinta alam dan petualangan. Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Makassar, taman nasional ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, termasuk air terjun yang spektakuler, gua-gua karst yang menakjubkan, serta keanekaragaman hayati yang kaya. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan outdoor, seperti trekking, hiking, dan birdwatching. Salah satu daya tarik utama TN Babul adalah Air Terjun Bantimurung, yang dikenal sebagai “Niagara-nya Timur”.

  1. Pantai Akkarena: Liburan Tepi Laut yang Seru

Pantai Akkarena adalah salah satu destinasi wisata populer di pinggiran kota Makassar yang menawarkan liburan menyenangkan di tepi laut. Di sini, Anda dapat menikmati kegiatan air seperti snorkeling, menyelam, atau sekadar bersantai di pantai sambil menikmati sinar matahari. Pantai ini juga dikelilingi oleh berbagai fasilitas wisata, termasuk restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan, yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

  1. Pantai Samalona: Surga Pulau yang Tenang

Jika Anda mencari pengalaman pulau yang lebih tenang dan eksklusif, Pulau Samalona adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak hanya beberapa kilometer dari pantai Losari, pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang indah, air laut yang jernih, dan lingkungan yang tenang. Di sini, Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling, berenang, atau sekadar bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

  1. Pasar Terong: Merasakan Budaya Lokal Makassar

Pasar Terong adalah tempat yang sempurna untuk merasakan budaya lokal Makassar. Pasar ini terkenal dengan berbagai barang antik, kerajinan tangan, teks til, dan makanan tradisional. Anda dapat berbelanja oleh-oleh unik, seperti kerajinan tangan dari kulit kerang atau kain tradisional Bugis, atau mencicipi hidangan lezat seperti pisang ijo dan pallubutung. Selain itu, pasar ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan belajar lebih banyak tentang kehidupan sehari-hari mereka.

BACA JUGA :

  1. Pulau Kodingareng Keke: Surga Tersembunyi di Lautan

Pulau Kodingareng Keke adalah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang spektakuler. Terletak sekitar 50 kilometer dari Makassar, pulau ini dapat dicapai dengan perahu dalam waktu sekitar dua jam. Di sini, Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang yang masih alami dan keanekaragaman biota laut yang kaya. Selain itu, pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih yang indah, yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

  1. Pantai Barombong: Destinasi Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Pantai Barombong adalah destinasi wisata yang sempurna untuk dikunjungi bersama keluarga. Terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Makassar, pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan alam yang indah. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, bermain voli pantai, atau sekadar bersantai di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi laut. Pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk area piknik, tempat makan, dan tempat parkir.

  1. Sungai Tallo: Tempat Wisata Favorit Para Fotografer

Pantai Tallo adalah destinasi wisata yang populer di kalangan para fotografer dan pecinta seni. Terletak di kawasan Tallo, sekitar 7 kilometer dari pusat kota Makassar, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di sini, Anda dapat menikmati kegiatan seperti berenang, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pantai Tallo juga merupakan tempat yang populer untuk melakukan sesi foto prewedding atau sesi foto lainnya, berkat latar belakang alam yang menakjubkan.

  1. Fort Somba Opu: Menyusuri Jejak Kerajaan Gowa

Fort Somba Opu adalah situs bersejarah yang penting di Makassar, yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Bangunan ini dibangun pada abad ke-15 dan digunakan sebagai benteng pertahanan selama berabad-abad. Kini, fort ini telah diubah menjadi museum yang menampilkan artefak dan peninggalan sejarah Kerajaan Gowa, termasuk patung-patung dan prasasti kuno. Di sini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Sulawesi Selatan serta menikmati pemandangan indah dari atas bukit.

Makassar adalah kota yang kaya akan keindahan alam, sejarah yang menarik, dan budaya yang memikat. Dari pantai-pantai yang mempesona hingga peninggalan bersejarah yang megah, ada begitu banyak hal yang dapat dieksplorasi di kota ini. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan dan dapat menikmati keajaiban alam serta kekayaan budaya Makassar. Jadi, jadwalkan perjalanan Anda sekarang dan nikmati petualangan di kota indah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *